Cara Mengatasi Eror PHP dengan pdo-mysql di kali linux - STUCKCODE

Cara Mengatasi Eror PHP dengan pdo-mysql di kali linux


Ini berawal dari saya ingin mengetahui jam imsak di wilayah saya tinggal dengan menggunakan tool CLI Jam_imsak, dan saya pun langsung clone repositori github tersebut. Untuk sobat yang belum tau bagaimana cara clone repositori github, saya akan membagikan bagaimana carannya.

Sebelum itu kalian harus tau terlebih dahulu apa itu PDO atau PHP data Objects adalah ekstensi antarmuka yang ringan untuk mengakses database dalam PHP. Setiap driver basis data atau database yang mengimplementasikan antarmuka PDO dapat mengekspos fitur spesifik basis data sebagai fungsi ekstensi reguler. Kurang lebihnya seperti itu, Baik mari kita lanjut cara clone repo.

Cara Clone Repositori Github

Jadi pertama sobat buka terminal linux di kali linux, lalu cek apakah git sudah terinstall di laptop sobat yakni dengan menjalankan perintah git --version. Jika muncul output seperti dibawah, berarti git sudah sobat install.
git version 2.25.1
Dan apabila tidak keluar outputnya seperti di atas, berarti git belum terinstall di laptop sobat. Untuk Cara installnya Browsing boss.

Oke kita lanjut dengan cara clone reponya dengan mengetik perintah git clone https://github.com/ICWR-TECH/jam_imsak dan silahkan ditunggu sampai selesai prosesnya. Dan Berhasil.

Jadi setelah saya clone repositori githubnya dan saya run tool CLInya dengan perintah php jam_cli.php dan eror pun muncul dan output erornya seperti dibawah.

PHP Warning:  PHP Startup: Unable to load dynamic library pdo_mysql dan seterusnya
Bagaimana cara fix eror tersebut, Berikut carannya

Cara Mengatasi Eror PHP dengan pdo-mysql

Pertama kalian ketikkan perintah dibawah ini di terminal
sudo apt-get --purge remove php-common
Apa sih fungsi purge? berfungsi untuk menghapus semuannya yang terkait dengan program yang kalian hapus.

Jika muncul output Do you want continue? sobat ketikkan Y dan tunggu Prosesnya sampai selesai, Sambil ngopi ya silahkan.

Kedua ketikkan perintah install
sudo apt-get install php-common php-mysql php-cli
Sama seperti diatas jika disuruh pilih Y/n ? sobat pilih Y dan Tunggu Prosesnya sampai selesai

Dan cek apakah masih mengeluarkan output eror pdo-mysql, yakni dengan mengetikan perintah php -v atau bisa juga dengan menjalankan tool cli dengan perintah php nama_file.php.


Oke semoga sobat bisa belajar dari pengalaman ini yang sudah ku buatkan artikel Cara Mengatasi Eror PHP dengan pdo-mysql di kali linux, Jangan lupa bagikan jika artikel ini bermanfaat dan informatif dan jika ada yang ingin bertanya atau mengkritik silahkan tulis di kolom komentar.
Naka chan
Naka chan Rak peduli karo omongane wong, seng penting aku terus melangkah

4 comments for "Cara Mengatasi Eror PHP dengan pdo-mysql di kali linux"

  1. Ternyata begitu gan cara mengatasi PHP Error, wah baru tau saya, terimakasih

    ReplyDelete
  2. Ternyata seperti ini toh cara ngatasi nya, pantesan kemaren gabisa.. Btw makasih gan

    ReplyDelete
  3. makasih gan, Artikelnya Sangat bermanfaat BLOG MILITER

    HIDUP INDONESIAN BLOGGER

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya tunggu komentar positif dari anda dan jika ada pertanyaan seputar artikel ini silahkan berkomentar, jgn sungkan ya gan