Apakah Serangan Cyber IoT Menjadi Serius? - STUCKCODE
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Serangan Cyber IoT Menjadi Serius?

STUCKCODE.COM - Munculnya IoT telah mendorong kemajuan teknologi dan ekonomi. Namun, hal ini juga mengakibatkan peningkatan jumlah perangkat pintar yang rentan.

Apa yang sedang terjadi?

Di DEF CON 2020, Barak Sternberg mendemonstrasikan kerentanan dalam sistem otomasi HDL yang dapat disalahgunakan oleh peretas untuk memanipulasi perangkat yang ada yang dikendalikan oleh sistem ini. Bug dalam sistem otomasi yang digunakan untuk gedung pintar ini bahkan dapat memungkinkan pengambilalihan akun milik pengguna lain di jaringan sepenuhnya.

Apa akibatnya?

  • Ini memungkinkan peretas untuk mengontrol server jarak jauh yang digunakan sebagai proxy untuk mengonfigurasi perangkat pintar di rumah, kantor, dan bandara.
  • Perilaku perangkat dapat diubah, bersamaan dengan memperoleh akses ke sandi internal dan konfigurasi jaringan.
  • Ruang server berisiko tinggi jika suhu dinaikkan.

Serangan Cyber IoT

  • Lebih dari 3,7 juta perangkat IoT, termasuk bel pintu dengan webcam, monitor bayi, dan kamera pengintai, ditemukan rentan terhadap penyerang melalui dua protokol komunikasi yang tidak aman.
  • Bulan lalu, strain baru dari Mirai botnet ditemukan menyerang versi tertentu dari kamera IP, router, dan smart TV, melalui CVE-2020-5902.
  • Meskipun kerentanan Ripple20 dilaporkan pada bulan Juni, hanya sedikit yang membaik sejak saat itu. Menurut peneliti dari JSOF, kekurangan tersebut tidak akan pernah bisa sepenuhnya dihilangkan karena skala penggunaan Treck stack yang sangat besar di berbagai produk.

Apakah semakin serius?

  • Meskipun perangkat IoT telah menghindari serangan yang melemahkan, ancaman botnet berbahaya yang menyebabkan gangguan di rumah dan bisnis dalam skala global terlalu nyata.
  • Perangkat ini sangat kurang dalam langkah-langkah keamanan dalam hal melindungi data dan privasi pengguna.
  • Botnet Mirai dan ancaman malware serupa lainnya telah melebarkan sayap mereka dan berkembang pesat untuk mengeksploitasi lebih banyak perangkat.
  • Selain itu, hyperconnectivity adalah jalur lain yang menguntungkan bagi peretas, membuat keamanan jaringan tidak memadai.

Kesimpulan

Intinya adalah bahwa ancaman yang dihadapi perangkat IoT dapat diatasi melalui pendekatan sistematis terhadap keamanan cyber melalui standar industri yang mapan, mengaudit keamanan perangkat konsumen, menyediakan patch firmware reguler, dan mempromosikan upaya berbagi informasi dan kolaborasi.
Naka chan
Naka chan Rak peduli karo omongane wong, seng penting aku terus melangkah

Post a Comment for "Apakah Serangan Cyber IoT Menjadi Serius?"