Tutorial Cara Install IntelliJ IDEA Pada Kali Linux & Linux (semua distro) - STUCKCODE
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Cara Install IntelliJ IDEA Pada Kali Linux & Linux (semua distro)


STUCKCODE.COM - IntelliJ IDEA, merupakan sebuah IDE untuk pengembangan aplikasi seperti website dekstop, atau mobile yang dikembangkan oleh Jetbrains. IntelliJ IDEA sendiri tersedia dalam dua versi, yang pertama yaitu versi Community Edition dengan lisensi Apache 2 Licensed yang bisa kalian gunakan secara gratis atau yang sedang saya gunakan yaitu versi ini untuk pengembangan JVM dan Android dan yang kedua yaitu versi Ultimate Edition untuk penggunaan komersial dan kalian hanya dikasih trial 30 hari.

Nah ngomong2 software ini sekarang mendukung penuh pemograman kotlin tanpa harus mendowload Plugin. Pasti kalian bingung caranya install software ini, sebenarnya tutorialnya sangatlah mudah yaitu yang pertama download terlebih dahulu, ekstrak file yang sudah di download tadi yang berekstensi tar.gz. Nah untuk itu artikel ini saya buat untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara install software IntelliJ IDEA pada sistem operasi Kali Linux maupun Linux (semua distro).

Pastikan spesifikasi PC ataupun laptop kalian seperti dibawah.
  • GNOME atau KDE desktop
  • Minimal memiliki RAM 2 GB, sangat direkomendasikan RAM 4 GB
  • memiliki setidaknya 1.5 GB penyimpanan
  • minimal resolusi layar 1024x768

Cara Install IntelliJ IDEA

Langkah Pertama download terlebih dahulu software tersebut di situs resminnya disini, kalian harus memilih versi yang Community Edition, selanjutnya klik Download (file berekstensi tar.gz) dan akan redirect ke halaman baru. Note : pastikan kecepatan internet cepat biar tidak memakan waktu yang lama. 
Download IntelliJ IDEA

Langkah Kedua setelah selesai mendownload file tersebut, selanjutnya yaitu ekstrak file yang sudah kalian download tadi dengan menggunakan software Archive Manager atau terminal untuk ekstrak mengunakan terminal, pastikan kalian masuk sebagai Root dengan ketik perintah dibawah.

tar -zxvf idea-IC-202.6397.94.tar.gz
Untuk file tar.gz diatas adalah file yang sudah kalian download. berikutnya yaitu menunggu hingga proses selesai.

Langkah Ketiga setelah selesai ekstrak file tersebut, "masih di terminal" kalian masuk ke direktori bin yang ada pada file tersebut dengan ketik perintah.

cd idea-IC-202.6397.94/bin

berikutnya yaitu ketik perintah ls, dimana berfungsi untuk melihat isi dari direktori folder bin.

Isi dari direkroti bin

Selanjutnya eksekusi file idea.sh untuk menjalankan software tersebut dengan ketik perintah.

sh idea.sh ataubash idea.sh 

Tugas kalian selanjutnya yaitu nanti disuruh memilih theme dari IntelliJ IDEA dan kalian hanya menekan next2 saja (pasti kalian bisa) jika bingung silahkan tanya di kolom komentar. dan Softwarepun siap dipakai untuk membuat project.

Siap untuk membuat Project

Demikian cara installasi software IntelliJ pada Kali Linux. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman,saudara,kerabat,sahabat dan jika ingin bertanya silahkan japri saya via wa atau di kolom komentar artikel ini. Pertanyaan yang tidak seusai dengan artikel ini tidak akan saya jawab.
Naka chan
Naka chan Rak peduli karo omongane wong, seng penting aku terus melangkah

2 comments for "Tutorial Cara Install IntelliJ IDEA Pada Kali Linux & Linux (semua distro)"