Peran Teknologi Komunikasi dalam Kegiatan Bisnis - STUCKCODE
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Teknologi Komunikasi dalam Kegiatan Bisnis

STUCKCODE.COM - Semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi modern telah banyak membantu kegiatan bisnis, seperti AI ( Artificial Intelligence ) atau inovasi robot canggih yang telah mampu menyerupai manusia untuk mempermudah dalam aktifitas bisnis.

Dimana saat ini teknologi  informasi dan komunikasi  telah mengiringi kita dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, dunia bisnis saat ini menghadapi persaingan pasar yang ketat dengan tekanan untuk berinvestasi pada teknologi terbaru.
Jadi suka nggak suka, jika kita akan lebih jauh dalam dunia bisnis, harus mengikuti perkembangan teknologi terbaru untuk menunjang itu semua. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini.

Peran Teknologi Komunikasi dalam Bisnis


1. Kemudahan dalam Transaksi

Dunia bisnis saat ini telah banyak berinvestasi dalam teknologi AI, seperti chatbots wa/website yang dapat langsung merespon pengunjung/client secara cepat dan efisien. Sehingga kita tidak perlu repot harus membalas pesan secara manual. 
Apalagi sekarang, untuk bertemu client atau rekan bisnis, sudah nggak harus bertemu dan bertatap muka secara langsung. Ada aplikasi yang sudah di desain untuk menggantikan cara lama (offline) ke cara yang baru (online) seperti aplikasi zoom cloud meeting dan lainnya.
Kemudian, saat ini rekening online seperti paypal, telah membantu kemudahan dalam transaksi lebih jauh. Karena antar sesama pengguna paypal tidak dikenakan biaya admin sehingga akan terhindar dari kerugian.

2. Biaya Promosi Relatif Terjangkau

Dahulu, para pebisnis bisa mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk biaya promosi bisnis mereka. Namun sekarang, beberapa platform media sosial seperti Facebook, Youtube, Twitter, Whatsapp, Instagram, Snapchat, LinkedIn dan lain-lain, memungkinkan untuk terhubung dengan siapa pun di seluruh dunia di mana pun kita berada. 

Platform tersebut dapat dimanfaatkan secara sempurna sebagai media promosi online untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Inilah yang dilakukan oleh vestoli untuk mempromosikan bisnis online miliknya. 
Jika bisnis dengan skala kecil, maka dapat memilih melakukan promosi gratis secara online menggunakan media sosial dan fans page pribadi. Namun jika bisnis tersebut skalanya sudah cukup besar, maka akan lebih efektif menggunakan jasa promosi berbayar seperti fb ads, tik tok ads, google ads atau media promosi berbayar yang lain sesuai dengan target jangkauan pasar.

Kita hanya perlu menggunakannya sesuai anggaran masing-masing individu/perusahaan.

3. Membantu Kemajuan Bisnis Lebih Cepat

Sekarang nggak jaminan perusahaan atau bisnis yang sudah di kelola lama akan tetap eksis sampai beberapa tahun ke depan. Bahkan perusahan besar sekelas yahoo, sempat beberapa kali jatuh bangun hingga saat ini berada di ujung tanduk.
Di sisi lain, perusahaan yang masih baru, bisa saja hanya dalam waktu yang relatif singkat, mampu berkembang pesat dan mempunyai nama besar. Disinilah salah satu peranan teknologi yang sudah terbukti mampu melakukannya.
Namun, agar hasilnya lebih maksimal maka kita harus menyiapkan modal yang cukup besar agar goal dapat tercapai seperti yang diharapkan.

Semua itu dapat tercapai jika kita mampu memanfaatkan teknologi yang ada untuk selalu bereksperimen menemukan celah dan peluang terbaik untuk diterapkan ke dalam bisnis tersebut. 

Penutup

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran teknologi dalam kegiatan bisnis telah mampu mengubah industri bisnis ke arah serba digital. Dimana beberapa peran manusia sudah mampu di terapkan ke dalam teknologi AI sehingga dapat lebih efektif dan efisien.

Kita tidak pernah tau, mungkin dalam 10 atau 20 tahun kedepan, teknologi komunikasi akan mengubah sebagian atau seluruh kegiatan bisnis yang ada saat ini.

Ins0mnia
Ins0mnia Apakah suka anime disebut wibu

Post a Comment for "Peran Teknologi Komunikasi dalam Kegiatan Bisnis"